install ubuntu hardy heron on my laptop L40

acara instalasi ubuntu 8.04 di laptopku akhirnya berhasil setelah 2 hari menderita penyakit bisunya. dengan perjuangan yang cukup melelahkan. ceritanya begini kemarin aku install ubuntu 8.04 tapi suara mati alias bisu atas inisiatif saya aku browsing di internet dan ketmu sama pak olan aku disaranim untuk install linux-restricted modules dan linux-backports-modules dan juga untuk jaga jaga aku juga tanya ama id-ubuntu

hari rabu siang:

di kantor tu kabel UTP aku cabut dr komputer and kucolokkan ke my laptop (wah serakah ne orang, mau menang sendiri) karena di kantor fakir bw jadi internet khusus hari ini aku aja yang make tuk download paket yang telah disebutin ke atas. karena terbatasnya ilmu dan waktu akhirnya aku pulang dari kantor lalu menuju ke rapat anggota KPLI.

malamnya:

aku install to laptop sampe subuh walupun paket sudah terinstalll semua dan semua file multimedia udah bisa jalan tapi ne laptop masih bisu. menyedihkan jam sudah menunjukkan pukul 5 pagi atas saran om blax akhirnya aku disuruh menginstall mandriva 2008 tept jam 6 pagi lebih dikit lah berhasil install ne madriva begitu selesai booting ternyata apa yang terjadi my laptop masih diam membisu seribu kata dan bahasa.

mata ini udah 5 watt sepertinya hari ini aku off aja kerja. mudahan bos gak tau aku dak masuk kerja.bip…bip…bunyi hp berdering ternyata bung ihsan menelpon saya untuk menanyakan apa aku lupa ternyata udah jam 5 sore keren bo aku tidur seharian. setelah mandi dan gosok gigi aku lalu ke alfanet mencari petunjuk.

malamnya di alfanet:

bertempat di alfanet atas petunjuk pak Ketua KPLI dan om blax akhirnya aku install ulang pake ubuntu walaupun udah coba pake betrek tp gak berhasil.aku mulai install ne paket

-linux-restricted-modules (sound card)

-linux-backports-modules (sound card)

lalu setelah itu gunakan editor gedit

misalnya pake: sudo gedit /etc/modprobe.d/alsa-base

padabaris terakhir tambahkan line berikut

options snd-hda-intel model=acer

wah karena itu code aku dapat dari google aku paste aja mentah mentah .walaupun my laptop merk toshiba. after that setelah reboot.detik yang menegangkan ternyata hasil nya sama saja oh god lalu sambil menanyakan ama om blax dan dia set sana set sini twing akhirnya berhasil senengnya ne hati ternyata permasalahan terletak disini

external amplifier

ternyata my laptop udah sembuh dari penyakitnya

thanks to om blax, pak olan, Ketua KPLI , mbh google dan istriku tercinta yang tiap hari kupegang pegang dan tak lupa kepada allah swt.

3 Responses to “install ubuntu hardy heron on my laptop L40”


  1. 1 hanyapenerjemah Juni 19, 2008 pukul 9:31 am

    pake mandriva ndak bisa juga? PC jangkrik saya yg cukup jadul normal aja tuh, sampe sekarang ndak pernah ada yg saya tambahtambahin, suaranya lancar jaya.. di laptop saya juga berjalan mulus.. ndak pake oprek dan ndak pake lama hehehe… yg saya masih blom ngerti, klo kita install ulang, ato ganti distro, jejakjejak setingan lama masih kliatan:( misal dulu saya pake gnome di mandriva… trus pindah ke kde, waktu install fedora n pake gnome, ternyata jejakjejak gnomenya mandriva masih kliatan, begitu juga waktu pindah ke kde, jejakjejak kdenya mandriva masih kliatan, sampe sekarang blom ngerti knapa begitu knapa begini (dah makin mantep pake fedora nih hehehe)..

  2. 2 kplintb Juni 29, 2008 pukul 6:10 pm

    Jejak ini maksudnya settingan di home ndak bos?

  3. 3 Dwi Maret 31, 2010 pukul 12:30 am

    Penyakitku lebih parah,,
    gak bisa compiz…
    adoooh..


Tinggalkan Balasan

