easyhotspot dengan virtualbox : solusi murah dan tepat untuk billing hotspot

halo kawan.

kemarin saya lompat dari kursi saking senangnya mendapati easyhotspot bekerja dengan baik. apa itu easyhotspot? easyhotspot adalah sistem billing yang dibuat untuk keperluan hotspotan (itu lho, yang kalau mau ngenet hotspotan harus login dulu di browser, baru bisa ngenet). sebelumnya, ditawarkan untuk menggunakan mikrotik (sebuah OS router berbasis linux), sayangnya, harga jasa dan lisensinya sangat mahal. saat itu ditawarkan 1.6 juta. blah, ada cara untuk menghemat.

setelah googling untuk cari alternatif, saya temukan easyhotspot. silakan kemari. easyhotspot ini adalah paduan dari chillispot (captive portal), radius, apache, mysql dan lainnya, anda bisa menginstallnya di sistem operasi linux, dan bisa juga menginstall dengan distro linux easyhotspot (dari ubuntu) yang sudah siap pakai. saya menggunakan distro easyhotspot siap pakai.

nah, kendalanya, rasanya sayang sekali menambah satu komputer untuk dijadikan server billing hotspot ini, maka saya mencobanya secara virtual di atas PC bersistem operasi Windos. pertama saya coba dengan vmware tapi gagal, dan kedua dengan virtualbox, dan masih gagal.😛

tapi ujung-ujungnya berhasil kok.🙂

kondisi

berikut kondisi saya :

  • sebuah komputer server bililing warnet biasa pake windos, prosesor dan ram mencukupi untuk menjalankan OS virtual dengan vmware maupun virtualbox.
  • sebuah modem (koneksi speedy) dan access point yang jadi satu (bawaan paket speedy, tp-link w8101g). bisa juga dengan modem dan AP terpisah.

jadi, tutorial ini mengikuti kondisi di atas, yaitu untuk modem ASDL.

install dan konfigurasi

install eashotspot di virtualbox (instalasinya sama persis seperti instalasi ubuntu, silakan merujuk ke tutorial instalasi ubuntu), tambahkan dua kartu jaringan.

  • NIC 1 = nantinya di ubuntu menjadi eth0, pada virtualbox, atur sebagai NAT.
  • NIC 2 – nantinya di ubuntu menjadi eth1, pada virtualbox, atur sebagai bridged.

nah, jika anda memperhatikan, saat virtualbox di install, ada network tambahan di windows anda, yaitu virtualbox-host-only (control panel > network). klik kanan> properties. ganti IP addressnya menjadi IP yang sah di jaringan nyata anda, dan jangan lupa gateway-nya juga (IP modem).

kembali ke ubuntu (asumsi sudah terinstall). klik network manager > edit connection. pilih eth1, dan atur IP-nya agar sama persis dengan virtualbox-host-only. eth0-nya biarkan pakai DHCP. restart network.

sekarang, aturlah agar DHCP di Access Pointnya dimatikan. kenapa dimatikan? awalnya saya juga bertanya-tanya. ternyata, pengurusan dhcp dialihkan ke kartu jaringan virtua kedua (eth1), nanti si ubuntu yang ngasih IP buat yang minta konek.

testing

anda bisa testing langsung pakai laptop, atau jika tidak ada laptop, pakai komputer biasa juga bisa (atur IPnya otomatis). kalau sudah konek, buka command line dan ketikan “ipconfig”, tanpa tanda ketik. jika di samping DNS suffix ada tulisan key.chillispot.info, berarti memang sudah benar. secara default, IPnya akan mengikuti 192.168.182.x.

bukalah browser dan masuk ke google.com. halaman akan dialihkan ke sebuah halaman login warna putih, akan ada tulisan easyhotspot login (anda bisa mengubah tampilan login ini sesuai selera anda). jika sampai di sini, selamat.🙂

easyhotspot – dead simple opensource hotspot management system

sekarang, mari bermain sebentar dengan ubuntu virtual. jalankan browser, buka http://localhost/easyhotspot. akan muncul halaman login. masukkan user : admin, password : admin123. anda bisa menggantinya nanti.

setelah masuk, kita bisa mengkonfigurasi easyhotspot, antara lain pengaturan postpaid, paket hotspot, chillispot (sebaiknya pengaturan chillispot dibiarkan default), dan pengaturan user. tampilan antar mukanya cukup mudah untuk dimengerti, karenanya saya tidak menjelaskan dengan detail.

buatlah dan atur akun user biasa (nantinya sebagai operator). user dan password hotspot loginnya bisa di-generate dengan akun ini.

jika sudah dapatkan user dan password hotspot login, silakan dicoba. 😀

tanpa skrinsut adalah hoax.😀

easyhotspot
easyhotspot

untuk informasi lebih lanjut mengenai easyhotspot silakan merujuk ke situs resminya.

22 Responses to “easyhotspot dengan virtualbox : solusi murah dan tepat untuk billing hotspot”


  1. 1 muhamad sudarmono Mei 27, 2010 pukul 6:28 pm

    awesome
    confirmed
    warnet kami, goonet di solo, jebres, jawa tengah, juga menggunakan easyhotspot virtualbox untuk hotspot gateway.
    di bawah os zencafe, dan kami jalankan di background dengan VBoxHeadless.

  2. 4 piko Mei 29, 2010 pukul 2:45 am

    tapi sayangnya,warnet tempat saya bekerja meminta yang lain, dengan alasan tidak familiar ubuntu. mereka minta yang antamedia dll.😦

    • 5 muhamad sudarmono Mei 29, 2010 pukul 7:42 pm

      kan mreka ga perlu liat ubuntunya. cukup mreka liat web based interfacenya aja dari dalam browser di windows.

  3. 6 piko Mei 29, 2010 pukul 8:44 pm

    yang ini tidak bisa. ping dari vbox ke windows bisa, tapi ping dari windows ke vbox tidak bisa, alhasil, kontrol via windows tidak bisa. aneh.

  4. 7 amrinz Mei 31, 2010 pukul 2:50 pm

    pakai ubuntu dah!!!!!!!!!!!!

  5. 8 4dhieee Juni 9, 2010 pukul 12:50 pm

    sangat menarik sekali nih informasinya…thx bgt atas sharing infonya
    untuk setting ipnya gmn yah ???
    misalnya IP windows(billing warnet) 192.168.0.2
    trus ip utk easyhotspot yg eth0 sama eth1 brp yah ??
    trus bgaimana koneksi dengan AP???apakah jadi 1 dengan koneksi lan komputer billing yg windows…

    • 9 piko Juni 10, 2010 pukul 4:36 am

      eth0 otomatis (DHCP), eth1 ikutin yang di vbox-host-only (setelah dibagi koneksi inetnya dengan ICS).

      • 10 Eddy September 13, 2010 pukul 9:44 am

        kondisi saya Host(winxp) RTLPCIe NIC 1 : 192.168.1.100 (KONEK KE MODEM), RTL8139 NIC2:DHCP konek ke AP, vbox: 192.168.1.222, guest(easyhotspot ubuntu), eth0:dhcp,eth1:192.168.1.222 (biar sama dengan vbox), (di virtual box) NIC1=NAT,NIC2=bridge RTL8139, masalahnya adalah : pc guest tak konek ke internet, pc host kalau konek ke internet malah ke halaman login easy hotspot, pertanyaan saya, apa yang salah dengan setingan saya, kemudian ICS di host pilih kondisi apa kan ada 3 pilihan tuh, mycomputer connect trough inet atau pilihan ke dua atau ke tiga, maaf pertanyaan saya yang sangat nubi, atas bantuannya terimakasih..

  6. 11 Hamzah Agustus 20, 2010 pukul 6:00 pm

    Kalo saya punya masalah lain. Mungkin masalah ini sederhana bagi master2. Mudah2an bisa membantu..
    Saya memerlukan billing untuk satu pc saja. Jadi yang saya maukan adalah ketika pengguna selesai dan logoff, maka printer otomatis mencetak lama pemakaian komputer. Saya butuhkan ini karena tidak mungkin menghidupkan 2 pc (server dan client) di rumah saya karena listriknya hanya kuat untuk satu pc saja.
    Mohon solusinya baik untuk Linux ataupun Windows (XP Home).
    Semoga ada yg bisa membantu. Terimakasih.

  7. 13 anton Januari 2, 2011 pukul 10:51 pm

    bos, ane dah instal tuh easyhotspot yg spaket dgn ubuntu 9.04 di virtualbox, tpi ethernetnya cmn kedetek 1 ya, eth0 doang, padahal ane dah pasang 2 lan card. kenapa ya? tapi klo dliat di device manager windows, smua network adapternya aktif smua, tpi pas liat di virtual box ubuntu nya, dari 70persistant rule itu, cmn ada eth 0, knapa tuh yah?

  8. 14 piko Januari 2, 2011 pukul 11:29 pm

    2 lan card yang dipasang itu fisik atau virtual? kalau pakai virtual box ya lan card virtual.

  9. 15 amadjid Januari 10, 2011 pukul 9:14 pm

    Numpang tanya…
    Saya sudah install easyhotspot, kalo pake Windows XP bisa login, tapi pake windows 7 GAGAL Login (padahal Username & Password benar).
    Ada yang punya pengalaman sama…?

    • 16 ANDI NURYADIN April 15, 2011 pukul 4:44 pm

      mainkan saja disconect dan connect nya win7, memang biasanya win7 rada susah konek pake easyhotspot. user saya biasanya kalau sudah dapat ip dari easyhotspot trus di browser saya arahkan ke 192.168.182.1 trus masukin user sama password. kalau sudah valid tapi tdk bisa browsing, saya disconnectkan dulu baru connect lagi, duilang beberapa kali berhasil kok. kalau di vista malah harus masukkan ip manual (static). semoga membantu

  10. 17 Black_Claw Januari 21, 2011 pukul 7:19 pm

    Wah, maaf om, belum ada duit buat beli windows 7… =))

  11. 18 azis April 2, 2012 pukul 1:46 pm

    mas klo pake modem speedy zte yang jadi satu ama AP bisa?


  1. 1 how to configure best best buying a cable modem for Lacak balik pada Oktober 21, 2016 pukul 6:39 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: