Gerilya Pengenalan Linux di Stand DIKPORA pada Pameran Di Kab. Dompu

Yak, ini dia laporan gerilya dari prajurit kaipang di Dompu, Mas Furkan.

Malam jam 19.30 Tanggal 28-10-2010, berangkat ke Pameran di Kab. Dompu dengan beberapa buah Flashdisk dan CD Ubuntu 9.10 di dalam tas. Sambil keliling masing-masing stand yang ada di Pameran, pandangan mata pun tertuju pada sebuah stand yang memiliki banyak pengunjung, yaitu Dinas DIKPORA Kab. Dompu. Terdapat banyak pengunjung di samping Pelajar dari SMKN 1 Dompu yang memberikan/memaparkan sistem manajemen dengan laptop di depan mereka.

Tertuju pada sebuah netbook dengan 2 orang siswi dan seorang lagi siswa yang tidak melakukan apa-apa ke netbook mereka. Intinya mereka tidak mengerti menggunakan microsoft excel 2007, karena mereka biasa menggunakan excel 2003. Dengan semangat ’45 saya mengeluarkan CD Ubuntu 9.10 dari tas dan menyerahkan ke mereka.

Tidak Ada DVD rom, jawab mereka.

Ya tidak apa-apa, sambil mengambil Flashdisk dalam tas.. Colok Flashdisk dan restart.. Butuh 2 kali restart untuk masuk ke menu booting pertama pencet F12 ternyata seharusnya F11🙂

Muncul Logo BlankOn pertama kali, sambil menjelaskan apa itu BlankOn Linux dan Linux itu bagaimana bla bla bla… dan tidak lupa juga menambahkan sedikit embel-embel seperti yang Pak Olan sering bilang.. “Logo Ini Dibuat Sama Anak Dompu!”  (sambil tunjuk logo BlankOn).

Setelah masuk ke BlankOn Linux dengan Live USB, diberikan sedikit penjelasan apa itu linux dan bagaimana mendapatkannya dan juga terjadi sedikit tanya jawab dari para siswa dan siswi. dan perkenalan dengan mereka pun terjadi seiring proses pengenalan linux itu sendiri (tapi saya lupa nama mereka saking seriusnya menjelaskan)

Pengenalan Linux selesai sampai pada tahap Pemilihan Partisi untuk instalasi karena berhubung pengunjung sudah penuh dan badan pun keringatan karena sesaknya pengunjung. Saya pun mengakhiri gerilya ini.

Good job! Semangat! Dari milis kaipang, diedit agar sesuai dengan EYD oleh piko.

5 Responses to “Gerilya Pengenalan Linux di Stand DIKPORA pada Pameran Di Kab. Dompu”


  1. 2 Black_Claw November 3, 2010 pukul 1:14 pm

    sejak kapan heke heke semacam ukang promosi gnu/linux…

  2. 5 furkan Mei 30, 2011 pukul 1:26 am

    =))

    Linux Itu Kek CeweX


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: