XFCE 4.10 di Slackware64-current

Yoi, ini rilis XFCE yang baru. Saya agak telat sih. Di repo current belum dipaketin tapi saya gag sabaran, saya mengunduh yang asli dan build sendiri. Karena saya menggunakan sistem operasi 64 bit, library-nya juga harus disesuaikan saat configure.

$ ./configure --libdir=/usr/lib64

selanjutnya tinggal make dan sudo make install. Urutan pemasangan paket juga harus sesuai, kalau tidak, kadang saat pasang paket tertentu tidak bisa dilanjutkan karena punya ketergantungan dengan paket lain.

  1. libxfce4util
  2. xfconf
  3. libxfce4ui, garcon
  4. exo
  5. xfce4-panel
  6. thunar
  7. xfce4-settings, xfce4-session, xfdesktop, xfwm4, xfce4-appfinder, …

Habis itu logout dan login kembali, atau restart X. Sejauh ini proses yang saya jalankan lancar2 saja, tidak seperti saat membangun GSB yang rumit. No skrinsut = hoax. (okok)

Apa saja kelebihan/kemajuan/perbedaan yang dibuat? Sejauh yang saya lihat, ini dia :

  • Sekarang pakai Meta+D bisa digunakan untuk showdesktop. Saya bahagia sekali sama fitur baru ini.
  • Ada mode deskbar
  • Application Finder (macam Run Program tapi lebih intuitif)
  • Alih2 tombol untuk logout, sekarang bisa pakai menu Action (berisi logout, restart, shutdown, etc)
  • Thunar sudah bisa akses direktori samba over network! (yahoo)
  • xfwm4 sudah bisa mengatur ukuran jendela secara otomatis bila di-drag ke pinggir. fitur ini yang bikin saya makin mantap kembali ke XFCE dari KDE.

Yah, baru itu saja. Selamat mencicipi XFCE!

Update :

Setelah dipikir2, saya tetap memilih PCmanFM sebagai manajer berkas utama karena jauh lebih cepat dan ringan!

0 Responses to “XFCE 4.10 di Slackware64-current”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

