Konfigurasi UPS (Phasor & APC) Slackware64 13.37

Sejak setahun lalu ngurusin 3 biji server yang ganteng-ganteng, saya lupa pasang fitur UPSnya. UPS yang diproduksi sekarang punya fitur lebih cerdas dari sekedar mematikan mesin saat power fail, misal bisa menunggu pengiriman sinyal sampai baterai mencapai kapasitas rendah.

Phasor Series 1200VA

Untuk Phasor Series 1200VA, saya menggunakan ViewPower seperti yang direkomendasikan di buku manualnya. Saya menyarankan mengunduh yang text mode. Kalau GUI, servicenya tidak bisa dijalankan dari console (no X). FYI, ViewPower sangat berat, menggunakan java dan webserver (apache tomcat) sendiri dengan port default 15178, dikonfigurasi via browser, flash required.

Pasang kabel USB dari UPS ke mesin server. Di mesin saya, terdeteksi :

Bus 002 Device 003: ID 0665:5161 Cypress Semiconductor USB to Serial

Unduh ViewPower, ekstrak, kemudian eksekusi installer binary :

# ./installViewPower_Linux_text_x86_64.bin

secara default berkasnya akan terpasang di /root/ViewPower. Agar diload otomatis, tambahkan baris di /etc/rc.d/rc.local

/root/ViewPower.2.09/ViewPower

Screenshoot :

ViewPower mendukung remote shutdown. Masalah 3 server 1 UPS (karena hanya ada  1 data port untuk pengiriman sinyal) bisa diatasi. Sayangnya saat saya mencobanya, tidak berhasil. Maka terpaksa saya memasang UPS lagi.

Ada skenario yang belum saya coba : mengatur sshkey agar bisa menjalankan script untuk mematikan server lain (tanpa password, mungkin ke user root. tapi gag aman ya…). Script dijalankan saat server utama mulai shutdown (dari /etc/rc.0d/ urutan pertama).

APC RS 1500VA

Saya mendapatkan perangkat lunak bawaan dari APC bernama PowerChute, setelah baca-baca sana-sini, ternyata PowerChute memakan 30% CPU. Alternatifnya, gunakan apcupsd (hanya memakan rata-rata 1% CPU).

Unduh source tarball apcupsd di apcupsd.org, ekstrak kemudian pasang. Saya menggunakan kabel USB jadi harus menambahkan parameter –enable-usb saat menjalankan ./configure.

Slackware didukung penuh oleh apcupsd, rc.apcupsd akan dibuat otomatis di /etc/rc.d. Saya menyunting beberapa parameter di /etc/apcupsd/apcupsd.conf, menyesuaikan kondisi saya (kabel usb, segera mematikan sistem begitu pasokan listrik mati).

UPSCABLE usb
UPSTYPE usb
DEVICE
MINUTES 0
TIMEOUT 1
NISIP 127.0.0.1

NISIP sangat penting untuk diisi dengan ip loopback, kalau dibiarkan kosong akan mendapatkan pesan galat “Error contacting apcupsd @ localhost:3551: Connection refused” saat service dijalankan.

0 Responses to “Konfigurasi UPS (Phasor & APC) Slackware64 13.37”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

