Dies Natalis ITC Unram dan Recovery dengan Testdisk

Si Cepul jadi pembicara. Saya pikir dia kebanyakan cuap-cuap curhat dan godain cewek sampai lupa ngasih tahu peserta untuk membackup datanya terlebih dahulu sebelum memasang Ubuntu 12.10. Hadir pula dalam acara tersebut YM Ketupang dan Pak Sapto. Nah, salah satu peserta salah format. Partisi seukuran 200GB dengan 50GB data lenyap. Pada kasus ini, partisi NTFS tersebut diresize menjadi sekitar 180GB dan diformat ke Ext3. Nah, mari kita angkat.
  • Siapkan HDD eksternal yang ruangannya lebih lega dari ukuran data yang ingin diangkat. Jalankan testdisk dari terminal.
  • Pilih harddisk yang partisinya keformat.
  • Pilih Advanced
  • Pilih partisinya
  • Pilih tipe partisi sebelumnya dan masukkan kode partisinya (daftarnya disediakan dengan jelas),
  • Pilih Boot
  • Pilih RebuildBS
  • Pilih List
  • Jika beruntung, nanti muncul daftar folder dan berkas. Pilih-pilih. Kemudian pili Write and Confirm. Arahkan ke partisi di HDD eksternal.

dan tada! Benar-benar tool yang keren!

Mengenai acara itu sendiri, sebenarnya sudah saya dokumentasikan dalam bentuk foto. Tapi saya lupa dimana taruh berkasnya dan sampai sekarang masih lupa. Tunggu aja cepul nyetor foto yang diambil sama temennya sesama pasukan ITC.

NB : Dalam proses recovery data, biasanya saya memisahkan apa itu data penting dan tidak penting. Data penting adalah data yang biasanya berasal dari kita, kita yang buat. Misal berkas dokumen dan catatan. Berkas tidak penting adalah berkas yang bisa didapatkan dari internet, misa l lagu, film dan lainnya. Masalahnya kalau dipilih semua, bakal menghabiskan lebih banyak waktu . Etapi kecuali anda adalah kolektor film atau lagu, mungkin tidak ada pengecualian untuk berkas-berkas tertentu.

0 Responses to “Dies Natalis ITC Unram dan Recovery dengan Testdisk”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: