Music Timer di N900 (Maemo 5)

Sebuah Nokia N900, gambar dari Wikipedia

Referensi lengkap mengenai apa itu Nokia N900 bisa di baca di laman Wikipedia ini. Pendeknya, ini perangkat bergerak yang (IMHO) paling menggiurkan buat maniak GNU/Linux. Saya memang ketinggalan jaman juga karena baru nulis ini sekarang, sekitar 3 tahun setelah rilisnya N900. OS bawaanya, Maemo, berbasis debian. Bayangkan, bisa menggunakan apt-get secara natif langsung dari ponsel! N900 juga memungkinkan untuk diinstall berbagai sistem operasi, selama mendukung arsitektur ARM, meski tidak dijamin berjalan sempurna dengan semua fitur seperti halnya OS bawaan.

Transisi saya dari Galaxy Mini ke N900 cukup melelahkan, saya mesti cari subtitusi yang tepat dari perangkat lunak yang biasa saya gunakan di Android. Salah satunya aplikasi untuk menyetop musik secara otomatis dalam waktu tertentu. Kalau sulit tidur, saya menyetel musik tertentu, menggunakan headset (biasanya pagi-pagi headsetnya sudah putus, ketarik-tarik saat menggeliat dalam mimpi), dan menggunakan timer, biasanya 30 menit, untuk menyetop musik. Selain untuk menghemat baterai, juga untuk meminimalisir dampak penggunaan headset pada telinga. Kalau dipasang sampai pagi kan gag baik tuh.

Ada beberapa aplikasi penyetel jadwal di Maemo, tapi tidak ada yang sesimpel penghenti musik otomatis dari Google Play. Nah, di wiki Maemo, ada baris perintah yang bisa digunakan untuk menyetop musik. Tapi itu baris yang panjang dan saya terlalu malas untuk menyalin ke berkas skrip. Dan saya suka perintah killall.

Apa nama binary yang menjalankan musik perlu ditelusuri, dengan top.

Kelihatannya jelas, pemutar musiknya terletak di /usr/bin/mediaplayer. Sekarang hanya perlu mengetik sedikit perintah sleep dan killall, ini urusan gampang dengan keyboard bawaan N900.

Enter. Tinggal lockscreen, terus lompat ke kasur.😀

UPDATE : Baris perintah diatas tidak bekerja bila kita menjalankan musik dari widget seperti gambar di bawah ini, karena player di widget di-handle oleh DE yaitu /usr/bin/hildon-desktop. Kita perlu memutar musik dengan Media Player secara langsung terlebih dahulu.

4 Responses to “Music Timer di N900 (Maemo 5)”


  1. 1 Black_Claw April 30, 2013 pukul 4:34 pm

    Kampret. Itu barang mimpi saya dari dulu saat di Makassar ditunjuk predesesornya yang ga punya slot sim.

  2. 4 pdft April 30, 2013 pukul 11:43 pm

    *pukpuk
    saya juga mah telat maenan generasi ini. (sad)


Tinggalkan Balasan

