Catatan Ngoprek dari Rumah Sakit

Jadi ceritanya, saya ditelpon Pak Kun, server yang setahun lalu saya pasangi CentOS 5.8 mulai macet. Muncul pesan galat saat membuka terminal baru, ‘There was an error creating the child process for this terminal’ yang berbuntut panjang; tidak bisa ssh, scp dan lainnya. Akar masalahnya karena /dev/pts tidak bisa di-mount dengan benar. Tapi anehnya, masalah tersebut hilang setelah saya mengomentari baris /dev/pts di fstab. Mungkin langkah mount sudah dimasukkan ke dalam proses booting di luar fstab. Masalah usai. Tapi tetap saja, Pak Kun dan Pak Maman minta pasang ulang.

Saya bawa DVD CentOS 5.8 yang sama dengan tahun lalu, setelah database dibackup (dengan susah payah) ke server cadangan lain, saya memasang ulang. Setelah kitar 2 jam ngalor ngidul sambil nungguin proses update ke 5.10 (Cepul datang juga sebentar terus ngilang), saya menyesal tidak membackup berkas-berkas konfigurasi penting, terutama konfigurasi BIND yang njelimet (itu sebabnya saya catat di sini).

Panduan garis besarnya, saya bergantung pada catatan di http://server-world.info/en/, sangat membantu.

Partisi

Dulu partisinya hanya satu. Sekarang dipisah, root dan var (partisi lebih besar, berkas aplikasi web dan database berada di bawah /var), ah, dan sedikit SWAP.

MySQL dan PHPMyAdmin

Karena CentOS 5.8 sudah termasuk jadul dan versi PHP-nya juga jadul, mau tidak mau PHPMyAdmin-nya (programmernya bergantung pada front-end ini) juga jadul, semaksimal yang bisa saya pasang yaitu versi 2.11.

Apache dan PHP

Masalah kedua muncul pada opsi register global. Jika anda yakin sudah menambahkan parameter register_globals on di berkas php.ini namun tidak berpengaruh apa pun , silakan letakkan baris di bawah ini di berkas httpd.conf :

php_flag register_globals on

Btw secara keamanan, mengaktifkan register_globals tidak disarankan. Tapi kalau aplikasinya sudah jadi dan bergantung pada itu, apa boleh buat. Fitur ini sudah dihapus di PHP sejak versi 5.4.

Setelan waktu

Saya bergantung pada layanan NTP dari LIPI, tinggal masukkan parameter ntp.kim.lipi.go.id di berkas /etc/ntpd.conf. Masalah waktu ini terlambat diurus alias lupa, sehingga menyebabkan data yang di-entry selama hampir dua hari jadi acak kadul dan merepotkan (maaf pak kun, ahem).

DNS

Agar petugas rumah sakit bisa langsung mengakses aplikasi dari domain, BIND diperlukan. Saya mengikuti panduan dari sini , penjelasannya begitu terang dan paling mudah dari panduan manapun yang pernah saya temukan di internet.

Firewall

DNS bekerja sempurna dari server itu sendiri, tapi tidak bisa digunakan oleh komputer lain dalam satu jaringan, maka anda perlu membukakan pintu firewall untuk port 53.

Aktifkan semua service yang diperlukan saat boot dengan

/sbin/chkconfig namaservice on

dan tambahkan parameter

onboot=yes

di berkas konfigurasi ethernet (/etc/sysconfig/network-scripts/)untuk ethernet kedua dan seterusnya, jika mau diakfitkan juga.

Selesai.

Ruangan SIRS

reblog dari http://blog.pdft.net/2013/12/catatan-ngoprek-dari-rsu-prov-ntb/

4 Responses to “Catatan Ngoprek dari Rumah Sakit”


  1. 1 Ade Malsasa Akbar November 11, 2015 pukul 11:50 pm

    Untung tulisan ini direblog. URL asli sudah tiada. Saya relay. Terima kasih.


  1. 1 Technical Support Pascamigrasi Linux di RSU Provinsi NTB 2 | Migrasi ke Linux Lacak balik pada November 12, 2015 pukul 12:28 am

Tinggalkan Balasan

